• sepatugunungku.com

Apakah Hiking akan Meningkatkan Massa Otot?

Hai Readers!

Semoga kalian sehat di manapun kalian berada ya. Jadi di artikel ini, mimin mau menjawab sebuah pertanyaan yang cukup sering muncul di benak orang-orang. Kita tahu bahwa hiking adalah aktivitas yang dapat menjadi sebuah penghilang stress dan menjauhkan kita dari hiruk pikuk kota. Ada pula yang menjadikan hiking sebagai olahraga, namun apakah memang benar hiking bisa meningkatkan massa otot seperti olahraga pada umumnya? Yuk kita bahas sama-sama!



Eits, sebelum itu kita harus tahu bagaimana sih sebenarnya massa otot itu bisa dibentuk? Nah jadi massa otot dapat meningkat melalui sebuah proses yaitu dengan "menyobek" otot itu sendiri. Hah, kok bisa gitu? Jadi, ketika otot tersebut sobek saat sedang aktivitas berat, kita akan merasa badan sakit semua (otot "sobek"), tetapi biasanya lebih kepada bagian tubuh yang lebih sering dipakai aktivitas. Fiber otot yang sobek ini kemudian diperbaiki oleh tubuh dengan menggabungkan kembali otot otot tersebut dan pada akhirnya, massa akan meningkat.



Kembali lagi ke pertanyaan kita. Memangnya dengan mendaki kita bisa meningkatkan massa otot kita?


Hiking memfokuskan kepada beberapa kelompok otot terutama bagian bawah badan. Ada otot paha depan, paha belakang, otot inti, punggung bawah, punggung atas, betis dan bahkan bahu kita.


Bagaimana contohnya? Ketika melewati sebuah tanjakan, maka badan kita akan dipaksa untuk menggunakan otot dari kelompok otot seperti pergelangan kaki, betis, paha atas dan bawah, serta glutes (pantat).


Sebaliknya, ketika turun tanjakan, glutes dan otot hamstring (paha belakang) akan sangat dipakai. Lutut kita akan juga semakin kuat karena menahan badan kita agar tetap stabil saat turun.




Otot core (inti), yaitu dimana titik tengah gravitasi tubuh (centre of gravity) berada. Dengan kata lain, otot core adalah struktur otot-otot yang menopang keseluruhan struktur tulang belakang, perut, panggul dan pelvis. Untuk pergerakan tubuh manusia, otot core mengontrol efisiensi gerakan serta menjaga kestabilan tubuh agar tidak jatuh. Hiking dapat memperkuat core karena saat mendaki, core akan berada dalam stres yang akhirnya menyebabkan otot sobek dan regenerasi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ini akan menghasilkan peningkatan massa otot.

Pada intinya, hiking bisa meningkatkan massa otot. Hiking merangsang otot-otot yang telah disebutkan dalam jangka waktu yang lama. Otot-otot tersebut kemudian regenerasi menjadi massa otot yang lebih banyak!

Buat kalian yang ingin mencoba hiking, cek halaman review kami untuk melihat rekomendasi gear hiking seperti sepatu gunung untuk membantu kalian saat mendaki!







1 view