• sepatugunungku.com

Hiking Bisa Mengubah Tubuhmu, Emang Bener Ya?

Hai Readers!

Semoga kalian baik-baik saja di mana pun kalian berada! Kali ini, kita akan membahas mengenai pertanyaan apakah Hiking maupun Trekking yang bisa mengubah tubuh atau badan. Hiking adalah salah satu aktivitas yang sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan nenek moyang kita sudah melakukannya apalagi ketika pada masa itu teknologi masih belum secanggih sekarang. Mau pergi ke gunung yang terjal dan penuh dengan rintangan, atau hanya mendaki di sebuah trek, hiking adalah salah satu aktivitas yang sangat merelaksasikan dan dapat menghilangkan stress. Apalagi buat Readers yang setiap hari kerja keras bagai kuda, baik itu pekerjaan, studi, dan lain-lain, hiking adalah opsi buat kalian untuk sesekali mengurangi beban pikiran dan energi negatif sekaligus membakar kalori. Lumayan kan, sekali dayung dua pulang terlampaui 😊.



Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang suka hiking. Apalagi Readers, buktinya kan sekarang lagi baca artikel ini hehe. Kalau nggak ya mungkin pada penasaran sama hiking. Nah, sekarang kita akan menjawab pertanyaan; apakah benar hiking bisa mengubah tubuh kita?



Menurut inbodyusa.com, sebuah penelitian grup lansia umur 65-85 tahun yang masih bisa beraktifitas, setelah hiking selama beberapa hari, kelompok tersebut dites komposisi tubuhnya. Ternyata, grup tersebut mengalami peningkatan dalam massa otot daerah apendikular, “fat-free ratio”, dan jumlah air dalam tubuh! Ini sangat menakjubkan, mengingat seiring berjalannya waktu, kita tahu bahwa tubuh manusia akan mengalami “degradasi”, salah satu yang paling terlihat adalah massa otot yang mengecil. Partisipan juga melaporkan mereka dapat menjaga keseimbangan dengan lebih baik. Nah, untuk Readers yang masih muda, tenang aja! Ada juga riset mengenai grup yang dirata-rata umurnya kurang lebih dibawah 30. Bukan berarti di atas 30 udah tua ya hehe. Di grup kedua, partisipan menghasilkan hasil yang hamper sama dengan kelompok pertama! Jadi pada intinya, dari tes ini, disimpulkan Hiking dapat membuat kalian meningkatkan massa otot dan mengurangi jumlah lemak di tubuh kalian!


Keren kan! Jalan-jalan, tambah sehat lagi! Kalo mau pergi hiking, jangan lupa bawa perlengkapan yang cukup ya. Cek di halaman review kami untuk mengetahui rekomendasi perlengkapan terbaik!

0 views