• sepatugunungku.com

Hiking dan Trekking; Apa sih Bedanya?

Hai Readers!

Kembali lagi bersama mimin di sini. Semoga kalian semua sehat dimanapun kalian berada. Di kehidupan sehari-hari, pasti kalian pernah mendengar kata hiking dan trekking. Kedua kata ini sering didengar saat ada seseorang yang akan ke gunung, dan pemakaian kedua kata ini cenderung tercampur aduk. Kadang menyebut hiking, kadang nyebut trekking. Mungkin memang sama saja maknanya, atau adakah perbedaan? Nah di artikel ini, kita akan membahas apa sih sebenarnya beda hiking dan trekking!

Pertama, kita lihat dari sudut pandang tujuan. Hiking memililki tujuan untuk kesenangan dan lebih ke mendekatkan diri ke alam. Tujuan hiking biasanya tidak spesifik, hikers hanya ingin melakukannya demi kepuasan dan mungkin sekedar refreshing. Trekking juga dilakukan untuk mendapatkan kepuasan namun ada tujuan yang lebih spesifik. Misalnya untuk semacam “ziarah” dan pengalaman spiritual.

Kedua adalah rute perjalanan. Rute perjalanan hiking melewati jalan-jalan yang sudah ada dan biasanya rute tersebut memang khusus untuk hiking. Sebaliknya, trekking memiliki rute yang lebih “ekstrim”. Tidak ada jalur khusus malah biasanya langsung di alam liar. Contohnya melalui hutan dan mendaki gunung yang tidak ada trailnya.

Ketiga adalah waktu yang diperlukan. Hiking adalah aktivitas bisa diselesaikan dalam sehari saja. Untuk trekking, kegiatan ini memakan waktu lebih lama. Biasanya, trekking bisa berjalan selama beberapa hari dan bahkan seminggu atau lebih. Ini disebabkan karena jarak tempuh yang berbeda. Hiking berada di kisaran 4 km – 50 km dan trekking berada di jarak 50 km ke atas.

Keempat, adalah persiapan yang diperlukan. Hiking cenderung lebih ringan, kita hanya perlu membawa “food pack” atau bekal, air, gear seperti sepatu gunung, atau tenda dan sleeping bag jika estimasi perjalanan lebih dari semalam. Trekking memerlukan persiapan yang lebih mendetil. Kita harus mempersiapkan tenda, baju lebih, peralatan masak seperti kompor, gear seperti sepatu gunung, dan alat seperti Kompas untuk menentukan arah agar tidak tersesat.


Jadi, itulah kurang lebih apa saja perbedaan Hiking dan Trekking. Sekarang jadi lebih mengerti kan? Jika kalian ingin mencobanya, cek halaman review kami di mana di situ terdapat berbagai macam rekomendasi sepatu gunung dan gear lainnya!

0 views